Fotografi Produk: Cara Membuat Foto Produk yang Sempurna

Fotografi produk merupakan salah satu teknik fotografi yang sangat penting dalam dunia bisnis saat ini.

Dalam era digital yang semakin berkembang, fotografi produk menjadi salah satu faktor kunci dalam mempromosikan produk secara online.

Dengan menghasilkan gambar produk yang menarik dan berkualitas tinggi, bisnis dapat memikat calon pelanggan untuk membeli produk mereka.

Namun, fotografi produk bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan keahlian khusus dalam mengambil foto yang mampu menampilkan detail produk secara jelas dan menarik minat calon pelanggan.

Dalam artikel ini, axioniko.com akan membahas tentang teknik fotografi produk yang dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Apa Itu Fotografi Produk?

Fotografi produk adalah teknik fotografi yang fokus pada pengambilan gambar produk untuk tujuan promosi atau penjualan.

Tujuannya untuk menampilkan produk secara visual dengan cara yang menarik perhatian dan memotivasi calon pembeli untuk membeli produk tersebut.

Fotografi produk dapat dilakukan untuk berbagai jenis produk, termasuk makanan, pakaian, perhiasan, elektronik, dan banyak lagi.

Fotografi produk biasanya melibatkan penggunaan pencahayaan yang tepat, latar belakang yang sesuai, dan pengaturan sudut pengambilan gambar yang tepat untuk menampilkan produk dengan baik.

Selain itu, pengeditan foto juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan atau membuat gambar lebih menarik.

Dalam era digital yang semakin berkembang, fotografi produk menjadi sangat penting dalam pemasaran online.

Gambar produk yang menarik dapat membantu memikat perhatian calon pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan.

Oleh karena itu, fotografi produk dapat menjadi aspek yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Jenis Fotografi Produk

Fotografi produk bukanlah satu ukuran yang cocok untuk semua. Sama seperti toko e-niaga Anda yang kemungkinan menampilkan berbagai produk dan layanan, foto produk juga hadir dalam berbagai gaya dan tujuan.

Beberapa untuk penggunaan sehari-hari, sementara yang lain lebih unik dan hanya digunakan dalam kasus khusus.

Apakah Anda ingin mempertahankan tampilan yang konsisten di seluruh foto produk Anda atau mencampuradukkannya dengan selera tinggi, penting untuk memahami perbedaan antara setiap jenis fotografi produk dan cara terbaik untuk memotretnya.

Di bawah ini kami telah menyusun enam jenis bidikan produk yang paling umum, kapan harus menggunakannya dan seperti apa tampilannya dalam praktik:

1. Individual Shots

Salah satu jenis foto produk yang paling umum, bidikan individu hanya berisi satu objek dalam bingkai.

Ini sering ditampilkan dalam katalog produk seperti fotografi produk baju, gambar spanduk dan di seluruh halaman produk untuk menampilkan produk individu secara independen dari koleksi lengkap.

Contoh yang bagus adalah yang satu ini dari katalog produk, yang diambil dengan latar belakang putih untuk menciptakan tampilan yang bersih dan sederhana dan menjaga fokus pada produk.

2. Group Shots

Anda dapat menebaknya bidikan grup menampilkan lebih dari satu produk bersama-sama sebagai contohnya seperti fotografi produk minuman.

Sering digunakan untuk kit dan koleksi produk, fotografi grup menampilkan berbagai dan variasi produk Anda dan memberi pelanggan pandangan yang lebih lengkap tentang penawaran Anda.

Jenis gambar ini sangat cocok untuk posting media sosial dan iklan, karena memberi pembeli rasa merek Anda secara keseluruhan, bukan hanya satu produk.

3. Lifestyle Shots

Jenis fotografi ini adalah tempat Anda bisa menunjukkan produk Anda beraksi.

Sering diambil dengan model, seperti contoh fotografi produk pakaian, bidikan gaya hidup menceritakan kisah di balik produk Anda dan menunjukkan kepada pelanggan Anda bagaimana mereka dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Meskipun foto gaya hidup dapat melengkapi bidikan individu di halaman produk Anda, foto tersebut juga sempurna untuk media sosial, email, iklan, dan saluran visual lainnya, karena foto tersebut menarik perhatian dan membuat produk anda terasa lebih pribadi.

4. Scale Shots

Masalah umum dengan belanja online adalah tidak dapat mengukur ukuran sebenarnya dari suatu produk.

Meskipun deskripsi produk dapat mencantumkan dimensi suatu barang, foto produk dapat menipu.

Tetapi dengan bidikan skala, anda dapat membantu pelanggan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang ukuran sebenarnya dari suatu produk dengan membandingkannya dengan barang sehari-hari lainnya.

Ini akan membantu pelanggan Anda memvisualisasikan produk dalam kehidupan sehari-hari mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka saat membeli secara online.

5. Detailed Shots

Untuk produk dengan seluk-beluk kecil yang memerlukan close-up, termasuk perhiasan dan barang-barang kecil lainnya, bidikan terperinci membantu menyoroti fitur produk tertentu yang mungkin tidak ditangkap oleh foto tradisional.

Jenis fotografi ini sering kali memerlukan pengaturan cahaya dan kamera tertentu, seperti lensa makro, untuk menangkap bidikan halus tersebut.

Baca Juga: Fotografi Makro: Semua yang Perlu Anda Ketahui

6. Packaging Shots

Percaya atau tidak, pelanggan peduli dengan kemasan.

Dari menjelajahi situs web Anda hingga melakukan pembelian dan menerima produk mereka melalui pos, pelanggan mencari pengalaman berbelanja yang konsisten dari awal hingga akhir.

Jadi, meskipun Anda mungkin memiliki produk yang luar biasa, jika presentasi anda tidak sesuai standar, pelanggan mungkin akan memperhatikan.

Dan jika produk datang dengan kemasan bermerek yang indah, mengapa tidak menampilkannya di halaman produk untuk memberi pelanggan dan rasa apa yang diharapkan.

Teknik Fotografi Produk

Fotografi produk adalah teknik fotografi yang memfokuskan pada menghasilkan gambar produk yang menarik dan profesional.

Fotografi produk dapat digunakan untuk keperluan marketing, promosi, dan penjualan produk.

Untuk menghasilkan gambar produk yang menarik, ada beberapa teknik foto produk yang perlu dipahami dan dikuasai.

1. Pilih Cahaya yang Tepat

Cahaya adalah faktor penting dalam fotografi produk. Untuk menghasilkan gambar produk yang berkualitas, gunakan cahaya yang cukup untuk menghasilkan gambar yang terang dan jelas.

Anda dapat menggunakan cahaya alami atau lampu studio. Untuk cahaya alami, pastikan mengambil gambar pada saat yang tepat, ketika cahaya matahari tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

Untuk lampu studio, gunakan lampu yang dapat disesuaikan untuk menghasilkan cahaya yang tepat dan menghilangkan bayangan yang tidak diinginkan.

2. Pilih Background yang Tepat

Latar belakang adalah elemen penting dalam fotografi produk. Pilih background yang sederhana dan tidak berlebihan, agar produk Anda terlihat lebih menonjol.

Dapat menggunakan kertas poster atau kain yang tidak berlebihan sebagai background. Pastikan warna background tidak mengalihkan perhatian dari produk.

3. Posisikan Produk Secara Strategis

Posisikan produk Anda secara strategis dalam frame. Gunakan aturan ketiga dan garis horisontal atau vertikal sebagai panduan dalam menempatkan produk.

Aturan ketiga merupakan teknik yang umum digunakan dalam fotografi untuk membagi frame menjadi tiga bagian secara vertikal dan horizontal.

Dengan memposisikan produk pada titik persimpangan, Anda dapat menghasilkan gambar yang seimbang dan menarik seperti halnya fotografi produk makanan yang sempurna.

4. Fokus yang Tepat

Pastikan produk Anda tajam dan fokus. Gunakan fokus manual untuk memastikan fokus dengan tepat.

Jangan hanya mengandalkan fokus otomatis dari kamera, karena dapat menghasilkan fokus yang kurang tepat. Pastikan produk Anda fokus dan tajam agar terlihat lebih menarik.

5. Edit Gambar Dengan Baik

Setelah mengambil gambar, pastikan anda mengedit gambar dengan baik. Kurangi noise, sesuaikan warna dan kecerahan, dan pastikan produk Anda terlihat seperti aslinya.

Anda dapat menggunakan software editing seperti Adobe Photoshop atau Lightroom untuk mengedit gambar dengan mudah.

Tips Fotografi Produk

Mengambil foto produk mungkin terlihat sederhana, tetapi tips dalam foto produk ini akan tetap meningkatkan keterampilan Anda!

Foto produk yang bagus harus menarik perhatian pemirsa dan memotivasi mereka untuk membeli produk.

Dan melakukan itu dengan sukses berarti mendorong kreativitas anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah tips utama kami untuk membuat foto produk menarik yang laku!

1. Pilih Aperture yang Tepat

Penting untuk menggunakan aperture yang tepat untuk gambar ketika memotret produk. Tentu saja, ini berlaku untuk setiap genre lainnya juga. Namun, banyak orang tidak cukup berhati-hati dengan pengaturan mereka.

Untuk bidikan gaya hidup produk, aperture terlebar (f-stop terendah) adalah yang terbaik. Ini memastikan produk menjadi pusat perhatian.

Segala sesuatu yang lain harus menyatu dengan bokeh yang membuai. Pastikan Anda memotret cukup jauh dari produk.

Ini akan membantu menciptakan kedalaman bidang yang lebih kuat untuk memisahkan produk dari latar belakang.

2. Menggunakan Lensa Telefoto

Lensa telefoto yang lebih pendek adalah lensa yang paling dekat dalam perspektif mata manusia.

Mereka tidak menyebabkan segala bentuk representasi yang salah atau perubahan dalam subjek.

Ini juga berguna untuk menggunakan lensa makro untuk mendekati subjek dalam fotografi produk.

Panjang fokus terbaik untuk foto produk adalah 100 mm, dengan panjang fokus apa pun antara 85 mm dan 145 mm juga sesuai.

3. Pencahayaan dalam Foto Produk

Kunci pencahayaan studio produk adalah memastikan produk terpisah dari latar belakang dan menyala secara merata.

Anda juga harus memperhatikan penggunaan cahaya lembut dalam fotografi produk. Pengubah cahaya, seperti softbox dan reflektor, dapat membantu Anda mencapai studio dan pencahayaan alami.

Ini karena Anda harus mencapai kondisi pencahayaan yang merata. Jika tidak, bayangan yang keras dapat mendung elemen produk Anda.

Ada kit fotografi produk yang membantu dalam pencahayaan, seperti lightbox. Mereka membantu menerangi subjek secara merata.

4. Dapatkan Inspirasi dari Fotografer Lain

Ambil inspirasi dari gambar yang menarik perhatian Anda. Pelajari gambar dan perhatikan elemen yang membuat foto menjadi luar biasa.

Ini bisa berupa latar belakang tertentu, sudut pencahayaan yang menarik, atau cara pengeditan yang unik.

Saat mengambil foto sendiri, cobalah untuk menyertakan beberapa elemen ini dalam karya Anda sendiri.

Tapi hati-hati, karena mengambil inspirasi bukan berarti meniru gaya orang lain. Sebaliknya, bereksperimenlah dengan elemen yang berbeda untuk menciptakan gaya yang unik dan meningkatkan diri sebagai fotografer.

5. Gunakan Selembar Kertas untuk Menyingkirkan Garis Cakrawala

Ambil selembar kertas yang lebih besar, tekuk di garis cakrawala, dan rekatkan ke dinding dan lantai Anda.

Ini membantu mencapai tampilan yang mulus. Ini diperlukan, terutama untuk fotografi eCommerce, di mana harus memiliki produk dengan latar belakang putih solid.

Konsep Fotografi Produk

Konsep fotografi produk yang kuat dapat membuat gambar menarik dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek.

Berikut ini adalah beberapa konsep fotografi produk yang dapat membantu menciptakan gambar produk yang menarik dan efektif.

1. Konsep Warna dan Komposisi

Sangat penting dalam fotografi produk untuk pilih warna dan komposisi yang sesuai dengan produk Anda.

Gunakan warna-warna yang cocok dengan merek dan pastikan gambar terlihat seimbang dan proporsional.

2. Konsep Cerita

Setiap produk memiliki cerita di baliknya. Dalam konsep ini, gunakan gambar untuk menggambarkan cerita produk Anda.

Gunakan elemen visual seperti latar belakang, aksesoris, atau model untuk membantu menceritakan kisah produk Anda.

3. Konsep Minimalis

Konsep foto produk minimalis menggambarkan produk dengan gaya sederhana. Dalam konsep ini, gambar biasanya memiliki latar belakang putih atau abu-abu dan produk ditempatkan di tengah.

4. Konsep Detail Produk

Dalam konsep ini, fokus pada detail produk yang unik dan menarik, seperti tekstur, bahan, atau fitur khusus. Gambar harus difokuskan pada detail produk dan latar belakang harus sederhana dan tidak mencolok.

Contoh Fotografi Produk

1. Fotografi Produk Fashion

Sepatu sneakers dengan background yang sederhana dan pencahayaan yang tepat, sehingga fokus pada produk tersebut.

2. Fotografi Produk Makanan

Sebuah hidangan steak yang disajikan dengan cara yang menarik dan pencahayaan yang menonjolkan kelezatannya.

3. Fotografi Produk Teknologi

Sebuah smartphone yang diambil dari sudut yang berbeda-beda untuk menunjukkan detailnya, seperti layar, tombol, dan desain keseluruhan.

4. Fotografi Produk Kecantikan

Sebuah produk perawatan kulit yang diambil dengan pencahayaan yang lembut dan fokus pada detail kemasan dan labelnya.

Kesimpulan

Dalam dunia e- commerce, fotografi produk adalah satu-satunya cara agar Anda dapat secara visual menarik perhatian calon pelanggan Anda.

Saat ini, bahkan kamera smartphone dapat mengambil foto yang luar biasa, jadi untuk benar-benar menonjol dan menjual lebih banyak, Anda perlu berpikir di supaya produk memiliki nilai jual yang sangat tinggi melalui foto produk.

Tinggalkan komentar